Copyright 2020 - Custom text here
  • WBK

  • Hari Batik

  • Opal 2019

  • Prisma

  • HUT Kabupaten Pamekasan

Pada Hari Selasa Tanggal 07 Januari 2020 bertempat di Halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pamekasan, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Pamekasan meninjau dan memanen bersama tanaman Sayuran hasil display produk kegiatan Obor Pangan Lestari (OPAL) didambingi oleh Plt. Kepala Distanphp Masrukin, S.Sos, M.Si beserta staf, peninjauan ini dilaksanakan setelah Kegiatan Rapat Kerja Data Serapan  Anggaran APBD Distanphp Tahun 2019.

Obor Pangan Lestari yang selanjutnya disebut OPAL adalah satu program diseminasi yang sedang digencarkan oleh Kementerian Pertanian. Kegiatan promosi ini meliputi penganekaragaman pangan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat oleh Unit Kerja Eselon I lingkup Kementerian Pertanian, Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Kementerian Pertanian dan Dinas Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam hal ini Kabupaten Pamekasan yang dipilih adalah Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebuan (DISTANPHP) yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pertanian dan/atau pangan, sebagai sarana percontohan untuk masayarakat dalam memanfaatkan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi. Program ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia (Permentan) nomor 10 tahun 2019 tentang OPAL.

 

TUJUAN OPAL :

  1. Pemanfaatan lahan perkantoran untuk penyediaan pangan dan gizi
  2. Sebagai sarana percontohan untuk masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi dan
  3. Sebagai upaya promosi penganekaragaman konsumsi pangan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat.

SASARAN OPAL :

Terlaksananya OPAL di seluruh Unit Kerja Eselon I lingkup Kementerian Pertanian, Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Kementerian Pertanian dan Dinas Provinsi dan Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pertanian dan/atau pangan.

Berdasarkan hal tersebut diatas maka dalam kawasan pekarangan perkantoran Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebuan (DISTANPHP) telah di bangun percontohan / sarana pembelajaran untuk mengimplementasikan Permentan tersebut. Display ini akan menjadi show windows yang sangat strategis karena secara fungsional mewakili peran Kementerian Pertanian di daerah dan untuk kepentingan daerah terhadap akses inovasi teknologi pertanian. Hal ini merupakan salah satu mekanisme dan metode proses diseminasi yang tepat dan sesuai kebutuhan pengguna untuk melihat langsung keunggulan dari inovasi teknologi tersebut.

Tujuan akhir kegiatan OPAL Distanphp Tahun 2019 adalah untuk mewujudkan OPAL menjadi show window pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga bagi masyarakat. (SYAIFURRAHMAN, SP,MMA Kasi. Produksi Hortikultura Distanphp Kab Pamekasan)