Copyright 2020 - Custom text here
  • DIRGAHAYU INDONESIA KE-75 TAHUN

  • Idul Fitri 1441 H

  • Pencegahan Corona

  • Pamekasan Hebat

  • Hari Batik

 

Akhmad Muzakki, SP selaku Kasi. Produksi Tanaman Pangan menjelaskan dalam kegiatan survey dan kunjungan lahan tersebut dihadiri oleh  3 orang perwakilan dari Prisma yakni Danang Ariawan Principal Bussiness Consultant Irigasi, Riris Rasmidan Senior Bussiness Consultant – Irigasi dan Agus Supriyanto Direktur CV. Rongcuyu dan perwakilan dari kordinator penyuluh pertanian kecamatan yang wilayahnya akan di survey.

 Tujuan diadakan survey :

  1. Menganalisa profil pertanian dan petani serta kendala yang dihadapi dalam budidaya di tiap lokasi lahan produksi kering
  2. Mengindentifikasi profil irigasi di tiap lokasi dan kebutuhan (demand) petani untuk alternatif penyediaan irigasi di musim kemarau
  3. Mengindentifikasi profil penyedia jasa irigasi (suplay) yang sudah ada dan yang berpotensi di tiap lokasi

Hasil dari survey dapat dikatakan 67 % responden petani mengatakan bahwa mereka mengalami kesulitan dalam akses irigasi terutama di musim kemarau  dan juga akibat dampak dari kekurangan air :

  1. Musim tanam padi hanya 1 (satu) kali panen
  2. Banyak lahan tidak ditanami
  3. Penurunan produktivitas panen 20% s/d 70%
  4. Resiko gagal panen yang tinggi.

Diharapkan dengan adanya kerjasama ini dapat terwujudnya penyediaan irigasi sekunder ditingkat petani untuk mendukung program swasembada pangan pemerintah. (Admin 4121)