Copyright 2018 - DISTANPHP KAB. PAMEKASAN Email : distanphp@gmail.com
  • Kopri

  • Panen Raya Padi 2018

  • Hari Santri

  • Muharram

  • Pamekasan 488

 

PANEN RAYA PERDANA KOMODITAS HORTIKULTURA

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pamekasan, Ir. Isye Windarti bersama Dandim 0826, Letnan Kolonel Infantri Nuryanto, melaksanakan Panen Perdana  Komoditas Hortikultura di Desa Laden, Kecamatan Pamekasan. Budidaya Komoditas Hortikulutra tersebut digagas oleh komunitas Paguyuban Sanren (Pamekasan Keren).

Komunitas Sanren dipimpin oleh Syaiful Hidayat mengatakan bahwa : “Komunitas Sanren memanfaatkan lahan tidur untuk membudidayakan hortikultura. Hasilnya memuaskan. Aneka tanaman hortikulutra seperti mentimun, kubis, bawang merah, gambas, labu dan cabe bisa tumbuh di lahan dataran rendah,”

Kegiatan panen raya perdana komoditas hortikultura dilaksanakan pada hari Rabu 24 Mei 2017 itu menunjukkan aneka tanaman hortikulutra bisa tumbuh subur di dataran rendah dengan suhu kering. “Sejatinya, tanaman hortikulutra banyak ditanam petani di dataran tinggi seperti di kawasan Gunung Bromo dan Kota Batu. Tapi setelah dicoba di Pamekasan, ternyata bisa tumbuh berkembang dengan panenan memuaskan,” “Jika komunitas Sanren berhasil memanen komoditas hortikultura dengan memuaskan, saya yakindi lahan lainnya di Pamekasan bisa dikembangkan budidaya hortikultura. Dengan demikian Pamekasan bisa menyediakan kebutuhan pasar hortikultura dari lahan sendiri,” ajak Letnan Kolonel Infantri Nuryanto.

Ajakan Letnan Kolonel Infantri Nuryanto disambut positif oleh ibu Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pamekasan, Ir. Isye Windarti. “Nantinya, keberhasilan komunitas Sanren bisa ditularkan kepada petani di wilayah pedesaan lainnya. Jika dirawat dengan benar, aneka tanaman hortikultura bisa tumbuh dengan baik di lahan Pamekasan. Saya sangat mengapresiasi kegigihan komunitas Sanren dengan tanaman hortikulutranya,”. (dikutip dari Halo Madura)